Peserta KKN Wilayah Soppeng 3 Gelar Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer di Kantor Camat Liliriaja - Pilar Indonesia
» » Peserta KKN Wilayah Soppeng 3 Gelar Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer di Kantor Camat Liliriaja

Peserta KKN Wilayah Soppeng 3 Gelar Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer di Kantor Camat Liliriaja

Diposting oleh Pada Senin, Juli 27, 2020 | No comments

Pelatihan pembuatan hand sanitizer di Aula Kantor Camat
Liliriaja, Kabupaten Soppeng.
Soppeng, Pilarindonesia.com - Peserta kuliah kerja nyata (KKN) tematik gelombang 104 Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar wilayah Soppeng 3 menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer, di Aula Kantor Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Senin (27/7/2020).

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan itu bertujuan mencegah penularan virus corona atau COVID-19 yang sampai sekarang masih mewabah.

Pembuatan cairan antiseptik yang diajarkan terdiri dari dua jenis, yakni hand sanitizer berbahan alami seperti daun siri serta yang berbahan kimia.

Pelatihan itu disambut baik dan diapresiasi pemerintah kecamatan setempat.

“Kami sangat mengapreasiasi dan berterima kasih kepada peserta KKN tematik Soppeng 3, yang semuanya juga merupakan warga Soppeng, yang hari ini mengedukasi kita semua tentang bagaimana cara dan bahan apa saja yang di gunakan untuk membuat hand sanitizer," kata Andi Syakhrul selaku Camat Liliriaja, didampingi sekretarisnya serta sejumlah perwakilan dari setiap kelurahan.

Dalam pelatihan tersebut, dua mahasiswa farmasi yang merupakan peserta KKN tematik Soppeng 3 menjadi instruktur, yakni Munawara, (mawapres fakultas farmasi 2020) dan Dhandy Kashar Pratama, yang juga merupakan PRESBEM FF-UH periode 2020/2021.

Adapun yang memberikan materi mengenai urban farming atau kegiatan bercocok tanam di sekitar rumah agar masyarakat tidak jenuh tingga di rumah, yakni Zulfiqi Matra.

Koordinator Soppeng 3, Yusran, meminta agar masyarakat dapat mengikuti anjuran pemerintah, seperti menjaga jarak, tetap tinggal di rumah jika kurang sehat dan selalu gunakan masker saat bepergian.

“Semoga melalui pelatihan dan praktek yang sudah dilakukan ini peserta dapat memahami fungsi, kegunaan, komposisi bahan, jenis peralatan, cara pembuatan, dan cara penggunaan hand sanitizer yang benar sesuai standar kesehatan, serta bagaimana cara bercocok tanam di sekitar rumah di tengah pandemi ini," tuturnya.

Peserta KKN tematik gelombang 104 Universitas Hasanuddin Makassar wilayah Soppeng 3 terdiri dari beberapa fakultas, yakni hukum, farmasi, sosial politik, kesehatan masyarakat, ilmu budaya, perikana kelautan dan peternakan.

Achmad
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya