Oknum Kepala Penyuluh Tak Serius Dampingi Petani, Ketua Umum Super Tani Geram - Pilar Indonesia
» » Oknum Kepala Penyuluh Tak Serius Dampingi Petani, Ketua Umum Super Tani Geram

Oknum Kepala Penyuluh Tak Serius Dampingi Petani, Ketua Umum Super Tani Geram

Diposting oleh Pada Rabu, Juli 29, 2020 | No comments

Ketua Umum Super Tani Indonesia, Abdul Malik (kiri)
bersama Komisaris Utama PT Super Tani Indonesia,
Andi Undru Mario, SSos MSi.
Makassar, Pilarindonesia.com - Ketua Umum Super Tani Indonesia, Ir. Abdul Malik, geram mendengar adanya oknum kepala penyuluh yang terkesan tidak serius mengawal demplot pupuk Super Tani Indonesia di lapangan.

Olehnya, dia meminta kepada seluruh penyuluh di lapangan agar mengawal lebih serius program demplot yang terus berjalan di sejumlah kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

"Terutama yang memasuki masa panen, kiranya jangan lupa mengambil ubinan dan mengirimkan hasilnya untuk bahan evaluasi," kata Malik.

Dia juga mengingatkan bahwa apabila ingin mendapat perbandingan capaian hasil panen pada musim lalu, maka harus dilengkapi dengan total luas hasil demplot agar tidak terjadi multitafsir.

"Contohnya, kenaikan produksi 1 karung dari luas 1 hektar berbeda bila kenaikan produksi 1 karung dengan luasnya hanya 0.20 hektar," ujar Malik.

Komisaris PT Super Tani Indonesia, Andi Undru Mario, SSos., MSi., menyampaikan bahwa tidak ada alasan bagi setiap penyuluh untuk tidak melakukan pengawalan dan pendampingan secara serius dalam program demplot itu, terutama di Kabupaten Wajo, sebab, telah ada perjanjian kerjasama dalam bentuk memorandum of understanding (MoU) yang sebelumnya telah ditandatangani antara PT Super Tani dengan Bupati Wajo, Amran Mahmud.

"Dan setiap saat kegiatan Super Tani kami laporkan ke Bapak Bupati atau Kepala Dinas Pertanian Wajo. Jadi, teman-teman penyuluh di lapangan harus serius, tidak boleh asal-asalan bekerja, dan tentu kita ingin sama-sama berhasil sekaligus ingin melihat petani kita sejahtera," terang AUM, sapaannya.

Achmad
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya