Longsor Palopo-Toraja, Garuda Bergerak Cepat ke Lokasi dan Telah Melakukan Pendataan - Pilar Indonesia
» » Longsor Palopo-Toraja, Garuda Bergerak Cepat ke Lokasi dan Telah Melakukan Pendataan

Longsor Palopo-Toraja, Garuda Bergerak Cepat ke Lokasi dan Telah Melakukan Pendataan

Diposting oleh Pada Sabtu, Juni 27, 2020 | No comments


Pengendara motor melewati jalanan alternatif di lokasi
longsor di Kota Palopo.
Palopo, Pilarindonesia.com – Tim Garda Pembela Ummat dan Bangsa (Garuda) Cabang Palopo bergerak cepat ke lokasi bencana alam tanah longsor di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, yang merupakan Jalan Trans Sulawesi penghubung dari Kota Palopo ke Kabupaten Tana Toraja.
Tim yang beranggotakan enam orang tersebut, masing-masing Muhammad Wildan, Darmawan, Rahman, Hardianto Frendi Imbang, Yasip Anshar dan Udin Rukka, berangkat dari Kota Palopo menuju ke lokasi yang berjarak sekitar 22 kilometer pada pukul 20.30, Jumat malam tadi, untuk melakukan pendataan sekaligus membantu warga yang masih berada di lokasi. 
Menurut Muhammad Wildan, yang mengomandoi tim, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan lurah setempat.
Dia menyebutkan, terdapat tiga titik longsor. Yang pertama di kilometer 21, di mana terdapat satu unit rumah yang terseret tanah longsor. Titik kedua di kilometer 23.
“Lokasi ini adalah yang terparah, karena terdapat 8 rumah yang hanyut, Ada pun rumah yang lainnya (di sekitar lokasi), mengalami retak parah,” kata Wildan melalui rilis yang diterima redaksi Pilarindonesia.com, Sabtu (27/6/2020).
Tim Garuda memutuskan untuk tidak sampai pada titik longsor yang kedua, karena kabarnya seluruh warga di lokasi tersebut telah mengungsi.
Antara titik longsor pertama dengan kedua terdapat sekitar 10 kepala keluarga. Konon, mereka masih bertahan di rumahnya. Bahkan dilaporkan adanya puluhan mobil yang terjebak.
Pada titik lonsor yang pertama, setelah air lama tertampung, dan air kembali mengalir pada tumpukan longsor, sehingga diperkirakan akan terjadi longsor susulan.
“Kami membantu tim Bikers Palopo untuk membagikan bantuan logistik kepada warga terdampak. Tim kembali ke markaz Garuda di Kota Palopo pada pukul 22.45,” jelas Wildan.
Achmad




Baca Juga Artikel Terkait Lainnya