LBH Muslim: Pelaku Pernikahan Sesama Jenis di Soppeng Berpotensi Dipidana - Pilar Indonesia
» » LBH Muslim: Pelaku Pernikahan Sesama Jenis di Soppeng Berpotensi Dipidana

LBH Muslim: Pelaku Pernikahan Sesama Jenis di Soppeng Berpotensi Dipidana

Diposting oleh Pada Selasa, Juni 16, 2020 | No comments

Direktur LBH Makassar, Abdullah Mahir.
Makassar, Pilarindonesia.com - Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Muslim Makassar, Abdullah Mahir, menegaskan bahwa pernikahan sesama jenis yang terjadi di Kabupaten Soppeng berpotensi dipidana karena diduga melakukan pelanggaran hukum.

Pengacara senior itu menjelaskan, pernikahan sesama jenis jelas melanggar hukum positif dan hukum agama yang berkaitan dengan Undang-Undang Perkawinan yang berlaku di Indonesia.

"Hal seperti ini tidak bisa dibiarkan karena bisa merusak tatanan masyarakat yang selama ini sudah berjalan dengan baik di Indonesia umumnya, dan di Sulawesi Selatan pada khususnya, di mana masyarakatnya sangat religius," kata Bang Doel, sapaan akrabnya, Selasa (16/6/2020).

Kasus pernikahan sesama jenis yang telah berlangsung di Desa Baringeng, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng, pekan lalu, telah ditangani Kepolisian Resor (Polres) Soppeng.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Soppeng, DR H Musriadi M., memastikan bahwa berdasarkan hasil koordinasinya dengan Kementerian Agama atau Departemen Agama Soppeng, pernikahan sesama jenis di Desa Baringeng, Kecamatan Lilirilau, tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA).

Menurutnya, seandainya MTR, perempuan yang berkedok lelaki tersebut, sejak awal melakukan pencatatan di KUA dengan memperlihatkan identitas, di situ pasti sudah ketahuan jenis kelaminnya.

Kendati demikian, Musriadi menyayangkan pihak keluarga MT, mempelai perempuan, karena kabarnya MTR dan MT sudah lama menjalin hubungan asmara.

"Tetapi kasus itu sudah ditangani Polres Soppeng," ujarnya melalui sambungan telepon, Senin (16/6/2020), malam tadi.

Musriadi mengatakan bahwa baru kali ini ada kasus pernikahan sesama jenis terjadi di daerah yang berjuluk Bumi Latemmamala itu.

Achmad
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya