Pilar Indonesia
» » Ketua FUIB Sulsel Berbicara Pencegahan Radikalisme dan Separatisme di Kodim 1408/BS Makassar

Ketua FUIB Sulsel Berbicara Pencegahan Radikalisme dan Separatisme di Kodim 1408/BS Makassar

Diposting oleh Pada Kamis, Maret 12, 2020 | No comments

Ketua FUIB Sulsel, Ustadz Muchtar Dg Lau.
Makassar, Pilarindonesia.com - Ketua Forum Ummat Islam Bersatu (FUIB) Sulawesi Selatan, Ustadz Muchtar Daeng Lau, bersama dengan Imam Besar Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M Jusuf, DR HM Muammar Bakri, Lc MA., menjadi pembicara dalam Kegiatan Pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos) Tangkal Radikalisme, Separatisme, di Wilayah Kodim 1408/BS Tahun 2020, di Markas Kodim Makassar, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar, Kamis (12/3/2020).

Dalam pemaparannya, Ustadz Muchtar mengatakan, ancaman radikalisme dan separatisme mampu dibendung dengan pemahaman yang lengkap dan menyeluruh terkait wawasan kebangsaan.

"Mulai dari Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan UUD 1945 dan NKRI," ujarnya.

Selain itu, Ustadz Muchtar menyebut, ada tiga hal mendasar agar tidak mudah terpapar dengan doktrin radikalisme dan separatisme, yakni ketahanan keluarga atau rumah sebagai basis pertama, lingkungan sekitar serta pendidikan yang diarahkan dengan baik.

Sebagai upaya menangkal dan melawan radikalisme serta separatisme, dia menyarankan kepada semua pihak untuk bersiap melakukan perlawanan dari sisi fisik dan pemahaman demi menjaga keuntuhan NKRI.

"Semua anak bangsa harus punya masa depan yang lebih baik, sehingga menjadi kewajiban kita bersama untuk terus menjaga keutuhan NKRI yang kita cintai bersama ini," kata Ustadz Muchtar, yang juga selaku ketua Citra Insani Mandiri (CIM), sebuah lembaga yang menghimpun para eks narapidana kasus terorisme.

Dialog itu dihadiri sejumlah peserta, termasuk kalangan mahasiswa dan pelajar serta tokoh masyarakat dan jajaran perwakilan kepolisian dan TNI.

Achmad


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya