Pilar Indonesia
» » Oknum Mahasiswa UMI Diduga Suarakan Kemerdekaan Papua di Peringatan Trikora, BMI Sulsel Minta Rektor Berikan Sanksi

Oknum Mahasiswa UMI Diduga Suarakan Kemerdekaan Papua di Peringatan Trikora, BMI Sulsel Minta Rektor Berikan Sanksi

Diposting oleh Pada Jumat, Desember 20, 2019 | No comments

Ketua BMI Sulsel, Muhammad Zulkifli.
Makassar, Pilarindonesia.com - Ketua Brigade Muslim Indonesia (BMI) Sulawesi Selatan, Muhammad Zulkifli, menyesalkan tindakan sebagian mahasiswa dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang ikut-ikutan mendukung gerakan Papua merdeka melalui aksi, Kamis (19/12/2019).

Dia menyebut, sejumlah mahasiswa UMI diketahui turun ke jalanan di depan kampus mereka, di Jalan Urip Sumohardjo, Kota Makassar, dalam rangka memperingati Trikora yang jatuh pada setiap 19 Desember.

"Kami menyayangkan karena Hari Bela Negara tanggal 19 Desember kemarin, terdonai oleh aksi kelompok pendukung Papua merdeka yang diduga kuat bergerak dari dalam kampus UMI, dan ini sudah sering mereka lakukan," kata Zulkifli melalui rilis yang diterima redaksi Pilarindonesia.com, Jumat (20/12/2019).

Aktivis Pemuda Pancasila tersebut sangat berharap kepada birokrasi kampus UMI bisa tegas terhadap mahasiswa yang secara terang-terangan ikut mendukung perjuangan Papua merdeka.

"Kami meminta dan sangat berharap mahasiswa yang rutin melakukan aksi ikut menyuarakan kemerdekaan Papua diberikan sanksi berat," ujarnya.

Aksi di depan Kampus UMI Makassar. Foto: Istimewa
Zulkifli bersama dengan aktivis BMI Sulsel lainnya, menjelang aksi peringatan Trikora itu, telah melakukan antisipasi dengan mendatangi dan menjaga sejumlah titik yang rencana akan diadakan unjuk rasa.

Dalam sebuah player ajakan aksi serentak memperingati Trikora 19 Desember 1961, sejumlah tuntutan yang disuarakan, di antaranya tentang tuduhan kejahatan kemanusiaan dan pembungkaman aspirasi politik rakyat Papua.

"Di beberapa titik yang teman-teman jaga, ternyata tidak ada yang melakukan aksi. Belakangan, pada sore hari, ternyata mahasiswa dari kampus UMI yang turun," terangnya.

Irfan
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya