Pimpinan Cabang Layangkan Mosi Tidak Percaya kepada Ketua Terpilih Pemuda Muhammadiyah Makassar - Pilar Indonesia
» » Pimpinan Cabang Layangkan Mosi Tidak Percaya kepada Ketua Terpilih Pemuda Muhammadiyah Makassar

Pimpinan Cabang Layangkan Mosi Tidak Percaya kepada Ketua Terpilih Pemuda Muhammadiyah Makassar

Diposting oleh Pada Minggu, Desember 22, 2019 | No comments

Suasana saat penyelenggaraan musyawarah daerah
Makassar, Pilarindonesia.com - Sejumlah Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Kota Makassar melayangkan mosi tidak percaya kepada pengurus yang baru-baru ini terpilih melalui musyawarah daerah ke-13.

Masing-masing Ketua PCPM Tello Baru, Ibnu Kuddamah; Ketua PCPM Mariso, Muhammad Asrullah A., serta Ketua PCPM Bara-barayya, Ilham Permana.

Mereka membuat surat pernyataan bersama bermaterai yang berisi penolakan dan menyatakan mendelegitimasi forum rapat formatur yang mereka anggap tidak melibatkan sembilan formatur terpilih, serta menolak segala bentuk intervensi dan pemaksaan kehendak dalam pengambilan keputusan yang tidak melibatkan secara utuh sembilan formatur.

Ketiga PCPM tersebut merupakan formatur terpilih. Ibnu Kuddamah formatur terpilih urutan ke-4, Muhammad Asrullah di urutan ke-2, sedangkan Ilham Permana di posisi ke-7

"Kami menyayangkan sikap sebagian formatur yang mengadakan rapat tidak sesuai aturan yang berlaku," kata Asrullah melalui rilis yang diterima redaksi Pilarindonesia.com, Sabtu (21/12/2019), malam tadi.

Dalam Musyawarah Daerah ke-13 Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Makassar tersebut, terpilih Awang Darmawan sebagai ketua, Muhammad Fauzan sebagai sekretaris, dan Kamaruddin sebagai bendahara.

Pemilihan formatur sembilan itu dilakukan di Hotel Grand Asia, dan berakhir di gedung Pusat Dakwah Islamiyah Muhammadiyah, Jalan Lompo Battang, Kota Makassar.

Menurut Ibnu Kuddamah, proses rapat formatur cacat dan tidak berjalan sesuai peraturan organisasi.

Pasalnya, kata dia, dari sembilan formatur yang terpilih hanya sebagian yang menghadiri rapat untuk memustukan Awang Darmawan sebagai ketua.

"Yang seharusnya mutlak, mengikuti Pasal 11 Ayat 2 dan Ayat 3 Anggaran Dasar Pemuda Muhammadiyah, yang menyatakan bahwa ketua pimpinan daerah terpilih dan ditetapkan oleh sembilan anggota formatur yang terpilih pada musyawarah daerah," terangnya.

Olehnya, Ibnu Kuddamah bersama dengan pimpinan cabang lainnya mendorong akan diadakan kembali rapat formatur ulang yang sah dan sesuai dengan peraturan organisasi yang berlaku dengan melibatkan sembilan orang formatur.

Irfan


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya