Pilar Indonesia
» » Kamis Besok Gerhana Matahari Cincin, Sejumlah Masjid di Makassar Gelar Shalat Khusuf

Kamis Besok Gerhana Matahari Cincin, Sejumlah Masjid di Makassar Gelar Shalat Khusuf

Diposting oleh Pada Rabu, Desember 25, 2019 | No comments

Dok. Pilarindonesia.com 
Makassar, Pilarindonesia.com - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama telah menginformasikan tentang gerhana matahari cincin yang diprediksi bakal terjadi pada pukul 10.34 WIB, Kamis (26/12/2019) besok, yang puncaknya akan berlangsung pada pukul 12.17 WIB sampai 14.00 WIB, di seluruh wilayah Indonesia.

Bagi ummat Islam, terjadinya gerhana menjadi sebuah momentum untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala selaku pencipta langit dan alam raya beserta dengan seluruh isinya, di antaranya dengan mendirikan shalat Khusuf atau shalat sunnah gerhana, sebagaimana yang pernah dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wassalam.

Di Kota Makassar, salah satu daerah yang dikenal kental dengan nuansa keislamannya, sejumlah masjid akan melaksanakan shalat Khusuf secara berjamaah usai shalat Dluhur, Kamis besok.

Undangan pemberitahuan dan ajakan untuk menghadiri shalat Khusuf telah tersebar di media sosial atau pun lewat grup percakapan aplikasi WhatsApp.

Termasuk di Masjid Anas bin Malik, Sekolah Tinggi Ilmu Alqur'an dan Bahasa Arab (STIBA), yang berlokasi di Jalan Inspeksi PAM Antang, Kecamatan Manggala. Kemudian di Masjil Nurul Hikmah, Markaz Imam Malik, Jalan Rumah Sakit Islam Faisal. Berikutnya di Masjid Ikhtiar, Perumahan Dosen Unhas, Tamalanrea Jaya. Di masjid ini, DR Ustadz Mujetaba Mustafa, M. Ag., akan bertindak sebagai khatib, dan Al Hafidz Alimuddin, S. Ag., sebagai imam.

Tak ketinggalan di Masjid Nurul Badar, Ujung Bori, Jalan Borong Raya, Kelurahan Bitoa/Antang, Kecamatan Manggala, juga akan menyelenggarakan shalat sunnah Khusuf secara berjamaah.

"Alhamdulillah, memang kami di Masjid Nurul Badar ini selalu rutin melaksanakan setiap ada fenomena gerhana," kata Daeng Jay, salah seorang pengurus masjid yang juga selaku tokoh pemuda Manggala.

Irfan
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya