Pilar Indonesia
» » Aliansi Penjaga Gerbang Timur Indonesia Bertekad Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme dan Semangat Cinta NKRI

Aliansi Penjaga Gerbang Timur Indonesia Bertekad Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme dan Semangat Cinta NKRI

Diposting oleh Pada Minggu, Desember 01, 2019 | No comments

Pengibaran bendera Merah Putih 
Makassar, Pilarindonesia.com - Aliansi Penjaga Gerbang Timur Indonesia sukses menggelar kegiatan bertajuk "Bersatu di Bawah Langit NKRI, Jangan Biarkan Indonesia Pecah", di depan Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Ahad (1/12/2019, siang tadi.

Secara bergantian para aktvis ormas keagamaan dan ormas nasionalis membawakan orasi bertema NKRI harga mati. Pun sejumlah seniman tampil membawakan lagu-lagu perjuangan dengan irama musik akustik.

Kegiatan selesai tak lama setelah jadwal agenda Car Free Day berakhir, yang ditandai dengan pengibaran Sang Merah Putih di sebuah batang bambu. Para aktivis masing-masing memegang bambu itu hingga tegak berdiri dan berkibarnya Merah Putih sebagai penanda bahwa para pemuda Kota Makassar siap membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Ketua Presidium Aliansi Penjaga Gerbang Timur Indonesia, Muhammad Zulkifli, mengatakan NKRI tidak tegak begitu saja tanpa atas rahmat Allah Subhanahu wa Ta'ala dan pengorbanan para leluhur.

Olehnya, sebagai wujud syukur atas segala nikmat dari Allah Ta'ala dan sebagai wujud penghargaan terhadap jasa para pahlawan, maka sudah semestinya sesama anak bangsa menjaga semangat nasionalisme, cinta agama dan cinta tanah air.

"Jangan biarkan ibu pertiwi menangis, karena perpecahan. Kita semua punya tanggung jawab untuk menjaga NKRI tercinta, karena kita saudara. Kita satu. Kita Indonesia," ujarnya.

Muhammad Zulkifli (kanan)
Zulkifli menyebut, kegiatan tersebut bertujuan menumbuhkan kembali semangat nasionalisme, cinta agama dan cinta tanah air.

Dalam acara itu, turut tampil dua sosok orangtua sepuh yang mengaku sempat mengambil bagian dalam perebutan kemerdekaan Indonesia saat zaman penjajahan.

Mereka menyatakan salut dan bangga dengan pelaksanaan kegiatan itu, sebab sebagai ajang menumbuhkan nasionalisme dan mempererat tali persaudaraan sesama anak bangsa.

Aliansi Penjaga Gerbang Timur Indonesia sendiri merupakan wadah berhimpunnya sejumlah ormas keagamaan dan ormas nasionalis, di antaranya Brigade Muslim Indonesia (BMI), Pemuda Pancasila dan Laskar Merah Putih.

Berita terkait

Aliansi Penjaga Gerbang Timur Indonesia Gelar Kegiatan "NKRI Harga Mati" di CFD Monumen Mandala Makassar

Irfan

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya