Pilar Indonesia
» » Tak Hanya di Gowa, Masjid Megah di Tengah Hutan Juga ada di Maros

Tak Hanya di Gowa, Masjid Megah di Tengah Hutan Juga ada di Maros

Diposting oleh Pada Senin, November 25, 2019 | No comments

Makassar, Pilarindonesia.com - Lagi heboh soal masjid megah yang berada di tengah hutan. Ternyata, tak hanya di Kabupaten Gowa, masjid serupa juga ada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Namanya Masjid Al Khalifah. Berlokasi di Dusun Tokka, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros.

Masjid yang sudah beberapa bulan terakhir digunakan ini dikelola Yayasan Amal Kebangsaan Indonesia (YAKIN), sebuah lembaga yang dinahkodai Andi Gerald Andi Geerhan Lantara, putra Letnan Jenderal TNI (Purn) Andi Geerhan Lantara.

Selain tampak megah, di sekitar masjid yang dinamakan kawasan Islamic Care Center (ICC) itu, terdapat sejumlah bangunan, yang di antaranya dijadikan sebagai asrama para santri/santriwati penghafal Alqur'an, rumah produksi, serta lokasi peternakan, dan budidaya tanaman hidroponik.

Jejeran bangunan tersebut dibangun di atas lahan yang sekelilingnya memang masih menyerupai hutan. Tak jauh dari situ, ada perbukitan. Sebelum menjangkau lokasi dengan kendaraan roda dua atau roda empat, terlebih dahulu masuk melewati perkampungan warga. Akses jalanan sangat bagus.

Selain sebagai tempat ibadah shalat dan aktivitas keagamaan lainnya, Masjid Al Khalifah rutin dijadikan sebagai tempat kegiatan sosial, seperti yang baru-baru ini diadakan YAKIN-ICC, yakni pengobatan atau terapi gratis serta ruqyah massal dengan melibatkan warga setempat.

Lokasi di sekitar masjid juga sering dijadikan tempat berwisata akhir pekan, terutama dari kalangan pondok pesantren dan sekolah-sekolah berbasis Islam, seperti kegiatan berkemah dan belajar memanah.

Adapun masjid megah lainnya yang disebut berada di tengah hutan dan sekarang menjadi viral, berada di Desa Bonotoloe, Kecamatan Bontolempangan, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Irfan 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya