Pemkab Wajo Gandeng PT Super Tani Indonesia dalam Rangka Peningkatan Hasil Pertanian - Pilar Indonesia
» » Pemkab Wajo Gandeng PT Super Tani Indonesia dalam Rangka Peningkatan Hasil Pertanian

Pemkab Wajo Gandeng PT Super Tani Indonesia dalam Rangka Peningkatan Hasil Pertanian

Diposting oleh Pada Rabu, November 13, 2019 | No comments

Bupati Wajo DR H Amran Mahmud (kedua dari kiri)
Wajo, Pilarindonesia.com - Bupati Wajo, DR H Amran Mahmud, menggandeng PT Super Tani Indonesia sebagai mitra dalam upaya peningkatan pertanian di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Dia meyakini perusahaan yang memproduksi pupuk anorganik bermerek dagang Super Tani Indonesia itu mampu bersinergi dalam upaya peningkatan usaha pertanian di Kabupaten Wajo.

"Semoga salah satu program kita yang terkait integrated farming system atau program pertanian terpadu dapat didukung dan sekaligus peningkatan produksi pertanian. Juga pembinaan kelompok-kelompok tani menjadi hal yang penting bagi kita ke depan," kata Amran dalam sambutannya di acara sosialisasi pupuk Super Tani Indonesia yang digelar di ruang pola Kantor Bupati Wajo, Kota Sengkang, Senin (11/11/2019)

Kegiatan itu diikuti oleh OPD terkait dan kepala desa se-Kabupaten Wajo.

"Karena sesuai dengan mimpi-mimpi kami dengan Pak Wabup, bagaimana kita meningkatkan pertanian kita di Wajo ini dua kali lipat, tentu harus memperbaiki infrastruktur kita, infrastruktur jalan mekanisasi, teknologi bentuk perlakuan yang bisa dilakukan pada kelompok kelompok tani yang bisa meningkatkan hasil produksi pertanian," Amran menambahkan.

Formulator PT Super Tani Indonesia, Andi Undru Mario
Dia juga menyampaikan, perlu diberikan ruang-ruang kepada stakeholder, pemangku kepentingan terkait dengan upaya peningkatan pertanian, sehingga terjalin komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak guna memberi kesempatan untuk bisa melakukan uji atau demplot kepada beberapa petani.

Selain itu, Amran juga mengingatkan pentingnya berkolaborasi dalam meningkatkan hasil pertanian dengan menggandeng stakeholder, pemangku kepentingan, termasuk peningkatan Bumdes. PT Pupuk Super Tani sendiri diharapkan dapat melakukan pendampingan yang lebih intens pada kelompok-kelompok tani di Wajo

"Melihat formulasi mana yang lebih unggul untuk meningkatkan nanti produksi pertanian kita, karena kita ingin seluruh lahan lahan yang ada di wilayah kita masing-masing betul-betul bisa lebih diberi ruang, karena biar semua formulasi atau formula formula berkolaborasi di Kabupaten Wajo sebenarnya belum bisa memenuhi kebutuhan kita di Wajo," terangnya.

Amran mengungkapkan, selama ini tidak ada yang mendapat pendampingan secara komplit sampai tuntas. Tidak ada yang berkesinambungan, dan ini semua harus menjadi perhitungan.

"Makanya, melalui kesempatan ini, melalui sosialisasi ini, saya  berharap kepada OPD terkait serta kepala desa agar dapat mengakselerasi dalam upaya peningkatan hasil pertanian di Wajo nantinya," pungkasnya.

Peserta sosialisasi dari kalangan OPD dan kepala desa se-Wajo
Sementara itu, Andi Undru Mario, SSos MSi., selaku formulator pupuk Super Tani Indonesia, mengatakan bahwa program dari Pemerintah Kabupaten Wajo sejalan dengan produknya dari Pupuk Super Tani, dia pun menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dalam mendukung program segala program yang berkaitan dengan peningkatan hasil pertanian.


"Kami akan bersinergi dalam hal pendampingan teknis, karena kami menyadari diri sebagai produsen bahwa leading sektor itu ada di dinas pertanian dan perkebunan. Kami sudah bergerak selama 2 dasawarsa atau 20 tahun. Juga nanti ada pendampingan pendampingan dari ada adik-adik mahasiswa," tuturnya.

Andi Undru juga berharap PT Super Tani Indonesia mendapatkan dukungan dari semua pihak, terutama dari Pemerintah Kabupaten Wajo dan masyarakat Kabupaten Wajo pada umumnya.

Sumber: Humas Pemkab Wajo
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya