Pilar Indonesia
» » Ketua FUIB Sulsel Sesalkan Terjadinya Insiden Berdarah di Antang

Ketua FUIB Sulsel Sesalkan Terjadinya Insiden Berdarah di Antang

Diposting oleh Pada Sabtu, November 23, 2019 | No comments

Ketua FUIB Sulsel, Mukhtar Daeng Lau
Makassar, Pilarindonesia.com - Ketua Forum Ummat Islam Bersatu (FUIB) Sulawesi Selatan, Mukhtar Daeng Lau, menyesalkan insiden bentrokan sengketa lahan yang terjadi di Jalan Antang Raya, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Menurutnya, andaikan Pemerintah Kota Makassar dan semua stakeholder terkait hadir menjadi penengah, begitu juga dengan aparat kepolisian, mungkin tidak akan ada jatuh korban.

"Ini yang kita sesalkan, karena terkesan malah terjadi pembiaran. Saya meminta dan sangat berharap, kasus ini mampu diselesaikan, dan tidak ada bentrokan dan korban selanjutnya," kata Ustadz Mukhtar, sapaan akrabnya, Sabtu (23/11/2019).

Ketua FUIB Sulsel telah bertatap muka langsung dengan beberapa korban bentrokan, pada Jumat malam tadi, di Bumi Tamalanrea Permai (BTP), termasuk menghadirkan Daeng Jay, tokoh pemuda Kecamatan Manggala, yang ikut menjadi korban.

Ustadz Mukhtar berjanji akan bersama para korban dan mendampingi mereka menuntut keadilan.

"Insya Allah, Senin pekan depan, kami akan rapat dengar pendapat di DPRD Kota Makassar," ujarnya.

Dalam bentrokan tersebut, sebanyak 10 warga yang menjadi korban pembusuran dan pelemparan batu. Dua korban terkena busur di leher dan di bagian perut, yang sampai sekarang masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Abdullah Mahir, pengacara yang mengadvokasi warga Antang, menyebut tanah yang dipersengketakan itu merupakan aset Pemerintah Kota Makassar yang diberikan hak pengelolaan kepada warga setempat untuk dimanfaatkan, namun belakangan diklaim pihak tertentu.

"Tanah lapang ini rutin dijadikan sebagai lokasi kegiatan ibadah dan aktivitas sosial. Setiap tahun dijadikan lokasi pelaksanaan shalat Ied," terang Abdullah, yang bersama dengan para korban akan memasukkan laporan ke Polrestabes Makassar, Sabtu sore ini.

Irfan




Baca Juga Artikel Terkait Lainnya