Pilar Indonesia
» » Kelompok Milenial Makassar Ini Apresiasi Pemutaran Film Ati Raja

Kelompok Milenial Makassar Ini Apresiasi Pemutaran Film Ati Raja

Diposting oleh Pada Kamis, November 07, 2019 | No comments

Nurhidayat bersama Arwan Tjahjadi di Makassar 

Makassar, Pilarindonesia.com - Film layar lebar Ati Raja mulai tayang perdana di sejumlah bioskop, Kamis (7/11/2019), hari ini.

Film Ati Raja diangkat dari cerita biografi seorang seniman Ho Eng Dji. Ia adalah seorang penyair dan musisi Makassar yang lahir di Kassi Kebo, pada 1906, dan wafat 1960 di Makassar.

Film itu berlatar budaya kehidupan kaum Tionghoa peranakan yang hidup bergaul dengan harmonis dengan masyarakat di Makassar. 

Lagu ciptaan Ho Eng Dji yang populer hingga saat ini, di antaranya yang berjudul Ati Raja, Sailong, Dendang-dendang dan Amma Ciang.

Ketua Fraksi Muda Indonesia, sebuah kelompok generasi milenial di Kota Makassar, Nurhidayatullah B. Cottong, menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas ditayangkannya film Ati Raja itu.

Ia mengaku sebelumnya telah menemui Arwan Tjahjadi selaku eksekutif produser film Ati Raja.

"Kreatifitas yang ditunjukkan teman-teman seniman dengan menghadirkan film Ati Raja patut diapresiasi sebagai sebuah cara untuk tetap merawat keberagaman dan kebudayaan yang kita miliki, khususnya di Makassar, " ujar Hidayat, sapaan akrabnya.

Menurutnya, karya Ati Raja telah mampu menjadi pembeda kreatiftas dan inovasi di era Revolusi 4.0 ini.

"Jadi, ayo kita nonton sama-sama film ini di bioskop. Ke depan, kami berharap film serupa yang mengangkat tema kebudayaan dan keharmonisan dalam beragama semakin banyak dihasilkan oleh sineas muda Kota Makassar,” tutur Nurhidayat.

Dia pun menyatakan sangat optimistis film Ati Raja bakal sukses menyusul suksesnya beberapa karya sineas Makassar lainnya, seperti film Bombe, Parakang dan Uang Panai.

Irfan

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya