Pilar Indonesia
» » Brigade Muslim Indonesia Makassar Berhasil Adang Aksi yang Ditengarai Membawa Misi Papua Merdeka

Brigade Muslim Indonesia Makassar Berhasil Adang Aksi yang Ditengarai Membawa Misi Papua Merdeka

Diposting oleh Pada Selasa, November 12, 2019 | No comments

Para aktivis BMI Makassar  dan mahasiswa UMI Makassar
Makassar, Pilarindonesia.com - Aktivis dari Brigade Muslim Indonesia (BMI) Makassar dan mahasiswa pencinta alam Cakrabuana Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) berhasil menghadang aksi yang akan dilakukan Aliansi Solidaritas Rakyat Makassar, di depan kampus UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Kota Makassar, Senin (12/11/2019), sore kemarin.

Ketua BMI Makassar, Muhammad Zulkifli, mengatakan pihaknya turun karena kelompok yang akan melakukan unjuk rasa itu ditengarai membawa kepentingan dari Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Kami tersinggung, karena mereka mencatut bahwa aksi mereka adalah aksi yang mewakili seluruh rakyat Makassar, padahal ini hanya aksi kelompok kecil yang diduga dilakukan oleh oknum pendukung Papua merdeka, dan aksi ini diduga hanya berusaha memprovokasi keadaan  untuk membuat kekacauan di Makassar supaya berimbas ke Papua," ujarnya melalui rilis yang diterima redaksi Pilarindonesia.com.

Zulkifli menyebut, kuat dugaan sehingga kelompok itu ditengarai membawa misi Papua merdeka, karena tuntutan mereka adalah pembebasan tanpa syarat para tahanan politik yang sekarang ini ditahan di tahanan kepolisian di Papua.

Dia menjelaskan, BMI Makassar yang melakukan aksi tandingan justru menyuarakan para korban, terutama warga yang berasal dari Sulawesi Selatan, yang menjadi korban pembantaian di Wamena, Papua, belum lama ini.

"Kami menganggap aksi ini adalah aksi orang-orang yang seakan tidak menghargai nyawa orang Sulsel yang meninggal di Papua, dan upaya ini menurut kami adalah aksi yang bisa memprovokasi orang-orang Makassar yang sebenarnya masih berkabung akibat meninggalnya saudara-saudara kami di Papua," kata Zulkifli.

Dia juga menegaskan, rencana aksi aliansi itu seakan menampar wajah rakyat Indonesia yang baru saja memperingati Hari Pahlawan Nasional.

"Ini yang mendasari aksi kami, dan insya Allah, kami akan terus berjuang dan berkoordinasi dengan aparat untuk melawan semua kelompok yang diduga akan membuat gerakan mendukung gerakan Papua merdeka," tegas Zulkifli.

Irfan
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya