KA-FoSSEI-Gunadarma Sosialisasi Literasi Ekonomi Syariah ke Milenial - Pilar Indonesia
» » KA-FoSSEI-Gunadarma Sosialisasi Literasi Ekonomi Syariah ke Milenial

KA-FoSSEI-Gunadarma Sosialisasi Literasi Ekonomi Syariah ke Milenial

Diposting oleh Pada Senin, September 30, 2019 | No comments

Panitia penyelanggara dan pembicara berpose
Jakarta, Pilarindonesia.com - Majelis Pengurus Pusat Korps Alumni Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (KA-FoSSEI) bekerjasama dengan Universitas Gunadarma menyelenggarakan Seminar Nasional Ekonomi Syariah dengan tema “Prospek Karir dan Studi Lanjut dalam Bidang Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Syariah”, di Auditorium Universitas Gunadarma, Bekasi, pada Sabtu (28/9).

Hadir sebagai pembicara, yakni Iman Ni'matulloh dari Badan Pengelola Keuangan Haji; Greget Kalla Buana, dari United Nations Develepment Programme; dan Novie Ayu Anggraeni  dari ABeam Light Stream Analytics. Kegiatan tersebut dimoderatori oleh Aulia Nugraha, selaku dosen Universitas Gunadarma.

Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti, hadir membuka acara itu.

Menurut Mega Oktaviany selaku ketua penitia pelaksana, seminar nasional tersebut merupakan salah satu upaya mengenalkan ekonomi syariah kepada masyarakat, terutama kaum milenial.

"Sosialisasi dan gerakan literasi seperti ini menjadi strategi yang efektif dalam memberikan penyadaran mereka untuk belajar dan memahami ekonomi syariah," katanya.


Direktur Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Sutan Emir Hidayat, yang tampil sebagai keynote speech, menyatakan bahwa potensi ekonomi syariah di Indonesia sangat besar untuk dikembangkan.

Di hadapan 350 peserta yang hadir, Sutan Emir menerangkan, hadirnya KNKS merupakan sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mengembangkam ekonomi syariah, serta sebagai akselerator bagi Indonesia menuju pusat ekonomi dan keuangan syariah serta Global Value Chain Center di dunia.

Adapun Ketua Badan Pengelola Keuangan Haji, Iman Ni'matulloh, mengatakan sekanrang ini diperlukan kemampuan khusus sebagai bentuk spesialis dalam suatu bidang agar mampu berkontribusi secara riil di industri keuangan syariah.

Begitu juga dengan Greget Kalla Buana dari United Nations Develepment Programme, menyampaikan bahwa lulusan ekonomi Islam tidak boleh dibatasi untuk berkarir hanya di lembaga syariah saja, melainkan juga dapat mengembangkan karir di lembaga lainnya,

"Di mana saja, baik lokal maupun internasional, selama memiliki konjungsi dengan ranah keuangan syariah," jelasnya.

Novie Ayu Anggraeni dari ABeam Light Stream Analytics, mengingatkan kepada kaum milenial untuk membekali diri dengan keterampilan tertentu sehingga mampu terserap dengan cepat di dunia industri.

Ketua Majelis Pimpinan Pusat Korps Alumni FoSSEI Akbar Susamto, sangat mengapresiasi kegiatan itu.

Ia pun berharap agar apa yang telah dilakukan KA-FoSSEI dan Gunadarma ini mampu melahirkan alumniyang membawa semanagat pergerakan dalam upaya membumikan ekonomi dan keuangan syariah.

Salah seorang peserta seminar yang merupakan mahasiswi pascasarjana UII Yogyakarta, Nur Khaerat Sidang, menilai bahwa kegiatan itu telah membangkitkan semangatnya dalam meniti karir ke depan.

"Ini membawa spirit baru dalam meniti karir dan mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia, sehingga penting untuk diikuti dan dihadiri. Apalagi dalam kegiatan tersebut mennghadirkan banyak pembicara yang konsen dan fokus mengembangkan ekonomi syariah," tutur Hera, sapaan akrabnya.

Achmad
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya