Pilar Indonesia
» » Pemicu Bentrok Antara Mahasiswa Papua dan Warga di Makassar, Ini Kata Polda Sulsel

Pemicu Bentrok Antara Mahasiswa Papua dan Warga di Makassar, Ini Kata Polda Sulsel

Diposting oleh Pada Senin, Agustus 19, 2019 | No comments

Kapolrestabes Makassar memantau jalannya pengamanan
Makassar, Pilarindonesia.com - Suasana di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar, pasca bentrok antara mahasiswa Papua dan warga, berangsur kondusif.

Aparat telah menambah personel pengamanan, termasuk dengan mendatangkan beberapa unit mobil barracuda. Mahasiswa Papua yang tadinya masih berkumpul di jalanan di depan asrama mereka, juga telah masuk ke dalam.

Tim kebersihan dari Pemkot Makassar yang disertai mobil penyemprot, juga telah datang dan langsung melakukan pembersihan di TKP.

Kendati demikian, jalanan menuju ke Rumah Sakit Dadi dan kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar, yang bersebelahan dengan asrama mahasiswa Papua, masih ditutup.

Telah hadir melihat kondisi pasca bentrokan, yakni Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin. Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo, masih terus memantau kegiatan pengamanan.

Adapun Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, memastikan Makassar dan Sulsel secara umum aman.

"Kami pastikan aman terkendali," ujarnya kepada wartawan.

Menurut dia, pemicu bentrokan hanya karena kesalahpahaman dan adanya miskomunikasi.

 "Karena antara mahasiswa Papua dan warga sekitar, tidak ada masalah. Mereka rukun. Malah sering main futsal bersama," kata Dicky.

Namun, guna mengantisipasi hal yang tak diinginkan, Dicky memastikan, pihaknya akan terus memperketat pengamanan di sekitar Asrama Mahasiswa Papua.

"Juga beberapa asrama mahasiwa Papua lainnya yang ada di Kota Makassar, termasuk mahasiswa Papua yang kosan-kosan, akan kita jaga dan berikan pengamanan," jelasnya.

Irfan

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya