Pilar Indonesia
» » Forum Arimatea Sulsel Kurban 9 Ekor Kambing di Kampung Muallaf Pinrang

Forum Arimatea Sulsel Kurban 9 Ekor Kambing di Kampung Muallaf Pinrang

Diposting oleh Pada Minggu, Agustus 18, 2019 | No comments

Ketua Forum Arimatea Sulsel, Jumzar Rachman (kanan)
Pinrang, Pilarindonesia.com – Forum Advokasi Rehabilitasi Imunisasi Aqidah yang Terpadu Efektif dan Aktual (Arimatea) Sulawesi Selatan bersama dengan Moeslem Youth Project, Sahabat Muslim Makassar dan kru media online www.pilarindonesia.com, melakukan penyembelihan hewan kurban di Perkampungan Muallaf Darussalam, yang terletak di Dusun Patambia, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, pada Rabu (14/8), pekan lalu.

Sebanyak sembilan ekor kambing yang merupakan hasil donasi dari sejumlah donatur, disembelih dan dagingnya dibagikan kepada warga di wilayah itu.

“Ini merupakan hasil sumbangan dari beberapa donatur yang masuk ke rekening lembaga kami. Niatnya memang untuk pembelian hewan kurban khusus untuk saudara-saudari kita di kampung muallaf ini,” kata Ketua Forum Arimatea Sulsel, Jumzar Rachman, di sela kegiatan penyembelihan.

Sebelum prosesi penyembelihan, Jumzar terlebih dahulu menyampaikan tentang tata cara pemotongan hewan yang sesuai dengan ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wassalam. 

Dia pun mengajarkan lafadz atau doanya, dan lebih penting, Jumzar juga mengingatkan tentang pentingnya menggunakan parang yang tajam saat menyembelih hewan.

“Tujuannya agar hewan yang kita sembelih tidak menderita. Juga perlu diingat, sebagaimana tuntunan dari nabi kita (Nabi Muhammad Shallalahu ‘alaihi Wassalam), upayakan hewan lainnya tidak melihat rekannya saat kita sembelih,” terang Jumzar.



Forum Arimatea Sulsel juga menyerahkan dua kardus pakaian layak pakai dan beberapa buah kitab suci Alqur'an.

Kegiatan penyembelihan pun dilakukan secara bergantian. Beberapa orang muallaf yang mengaku sudah tahu doa yang dibaca sebelum memotong, pun ambil bagian.

Menurut Guntur, salah seorang warga yang ditokohkan, daging hewan kurban itu sebagian akan dibagikan ke sejumlah titik perkampungan muallaf lainnya yang masih berada di wilayah Makula itu.

Alhamdulillah, kami di sini sudah merasa berkecukupan dengan adanya sumbangan hewan kurban, sehingga sebagian akan kami bagikan ke saudara-saudara kita yang tinggal di lokasi lainnya,” ucapnya.

Irfan    


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya