Pilar Indonesia
» » Polemik Pemilihan Ketua Alumni UI, Kubu Matnoer Ancam Menggugat

Polemik Pemilihan Ketua Alumni UI, Kubu Matnoer Ancam Menggugat

Diposting oleh Pada Kamis, Juli 18, 2019 | No comments

Ahmad Nur Hidayat atau Matnoer bersama timnya
Jakarta, Pilarindonesia.com – Proses Pemilihan Langsung Ketua Umum Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) Periode 2019-2022 menuai polemik.

Ahmad Nur Hidayat atau yang akrab disapa Matnoer, salah satu kandidat yang telah dinyatakan gagal ikut pencalonan karena tidak memenuhi persyaratan dukungan, bakal melakukan perlawanan.

Melalui kuasa hukumnya, Djudju Purwantoro, Matnoer mengaku telah dizalimi dan hak asasinya telah dirampas.

“Kami akan melawan keputusan panitia Pemira yang tidak mencantumkan nama Matnoer sebagai kandidat calon ketua ILUNI periode 2019-2022,” kata Djudju melalui rilisnya, Kamis (18/7).

Menurutnya, tanpa dasar dan alasan yang jelas, panitia pemilihan telah menuduh pihak Matnoer melakukan kesalahan administrasi yang menyebab sebanyak 263 pernyataan dukungan dicoret sepihak, sehingga hanya tersisa 133 dukungan dari kalangan alumni.

“Panitia mengundang tim sukses kami hanya untuk membacakan keputusan secara sepihak tanpa meminta konfirmasi dan klarifikasi kepada timses kami. Kami merasa panitia tidak adil dan tidak mengedepankan asas keguyuban dan kekeluargaan sebagai alumi Universitas Indonesia,” ujar Djudju.

Dia juga menjelaskan tentang asas hukum; siapa yang mendalilkan, maka mereka yang harus membuktikan. Djudju menyebut, panitia pelaksana tidak membeberkan secara detail alasan dan pembuktian secara faktual kepada tim sukses Matnoer, sehingga ia menduga panitia pelaksana telah melakukan perbuatan melawan hukum.

“Untuk itu, kami akan melakukan langkah hukum, baik pidana maupun perdata. Namun, apabila masih ada niat baik dari panitia pengarah dan panitia pelaksana untuk melakukan koreksi atas kekeliruan itu, kami bersedia menyelesaikan secara kekeluargaan,” terang Djudju, yang juga meminta agar proses pemilihan untuk sementara waktu dihentikan sampai menunggu selesainya gugatan yang akan dilayangkan.

Tiga calon Ketua Umum ILUNI periode 2019-2022 yang sebelumnya sudah ditetapkan, yakni Andre Rahardian, Bambang Brodjonegoro dan Rudy Salahuddin.

Adapun agenda pemilihan akan dihelat pada 24-25 Agustus 2019 mendatang dengan menggunakan e-voting dan bentuk sebuah aplikasi yang dibuat alumni UI.

Irfan      


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya