Deng Ical-Ustadz Ije Ngopi Bareng, Pengamat Politik: Duet yang Berpotensi Menang di Pilwalkot Makassar 2020 - Pilar Indonesia
» » Deng Ical-Ustadz Ije Ngopi Bareng, Pengamat Politik: Duet yang Berpotensi Menang di Pilwalkot Makassar 2020

Deng Ical-Ustadz Ije Ngopi Bareng, Pengamat Politik: Duet yang Berpotensi Menang di Pilwalkot Makassar 2020

Diposting oleh Pada Senin, Juni 17, 2019 | No comments

Ngopi bareng di Warkop Phoenam, Jampea, Makassar.
Makassar, Pilarindonesia.com - Mantan Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI dan anggota DPRD Makassar Muhammad Iqbal Djalil ngopi bareng di Warkop Phoenam, Jalan Jampea, Kota Makassar, Selasa (17/6/2019) pagi.

Pada pertemuan tersebut berbagai hal terkait Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar menjadi topik pembicaraan.

Pertemuan kedua tokoh muda itu mengingatkan kembali paket DIA-ji yang muncul pada Pilwalkot Makassar 2018 lalu.

Kendati tidak ikut secara resmi dalam pertarungan, paket DIA-ji yang juga akronim nama Deng Ical-Ustaz Ije mencuri perhatian masyarakat, sebab memiliki basis pendukung yang jelas.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Hasanuddin Makassar, Dr Aswar Hasan, menganggap paket nasionalis dan religius yang disematkan kepada mantan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsul Rizal MI, dan anggota DPRD Makassar, M Iqbal Djalil, berpotensi mendulang suara terbanyak di Pemilihan Wali Kota Makassar pada 2020.

Dia menyebut, kedua representasi itu memang mencerminkan kondisi masyarakat Kota Makassar pada umumnya.

"Akan sangat bersinergi apabila Deng Ical berpasangan dengan Ustadz Ije," ujar Aswar.

Akademisi yang juga tokoh ormas Islam ini menjelaskan, pasangan Deng Ical-Ustadz Ije masing-masing telah memiliki pengalaman birokrasi dan di ranah legislatif yang tentu sudah tidak bisa diragukan lagi kapasitas dan kapabilitas mereka.

Kendati demikian, Aswar menyarankan agar hendaknya paket mereka didukung juga dari kalangan partai politik religi dan nasionalis.

"Kalau strategi ini mampu dimainkan Deng Ical dan Ustadz Ije, saya pikir mereka yang akan menjadi pemimpin di Kota Makassar, yang mampu mengakomodir suara dan keinginan dari semua kalangan," tuturnya.

Sementara itu, aktivis Pemuda Muhammadiyah Sulsel, Fahruddin Achmad, yang turut hadir dalam acara ngopi santai dengan Deng Ical dan Ustaz Ije, mengatakan suasana pertemuan keduanya sangat cair.

Dia menyebut, sesekali ada juga pembicaraan terkait perkembangan situasi politik saat ini.

"Lebih banyak berbicara tentang kondisi masyarakat Makassar hari ini. Berbicara tentang hal-hal lain yang sedang menjadi perhatian," pungkas Fachruddin Achmad, yang juga pegiat literasi di Sulsel.

Berita terkait Pilwalkot Makassar 2020

Ustadz Aziz Qahhar Mudzakkar: Paket Deng Ical-Ustadz Ije Ideal di Pilwalkot Makassar

Saifullah
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya