Pilar Indonesia
» » Ingin Meraih Kemuliaan, Dekatkan Diri dengan Al-Qur'an

Ingin Meraih Kemuliaan, Dekatkan Diri dengan Al-Qur'an

Diposting oleh Pada Selasa, Mei 14, 2019 | No comments

Berbuka puasa bersama di Kampus UINAM, Gowa.
Gowa, Pilar-Islam  – Lembaga Kajian Al-Qur’an Mahasiswa Pencinta Masjid UIN Alauddin Makassar (LKA MPM UINAM) menggelar Kajian Seputar Ramadhan yang dirangkaikan Ifthar Jama'i (Buka Puasa Bersama) di Gedung CBP, Kampus UINAM, Jalan HM Yasin Limpo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (13/5/19).

Ketua Umum LKA MPM UINAM, Muhammad Ikram, mengatakan kegiatan yang mengangkat tema "Meraih Kemuliaan Ramadhan Bersama Al-Qur'an" ini merupakan bagian rangkaian kegiatan Semarak Ramadhan.

"Ini merupakan salah satu rangkaian Semarak Ramadhan LKA MPM UINAM yang tujuannya untuk memberikan motivasi kepada peserta untuk memanfaatkan bulan suci ramadhan dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an,"ujarnya.

LKA MPM UINAM mendatangkan Dr Khaerul Akbar, SPd MEI., yang merupakan dosen fakultas ekonomi dan bisnis Islam sebagai pembicara, dan dihadiri 150 orang akhwat (perempuan) dan 53 orang ikhwa (laki-laki)

"Allah menciptakan makhluk di muka bumi ini itu ada dua. Ada makhluk yang hina dan ada makhluk yang mulia. Salah satu yang membuat makhluk itu mulia di hadapan Allah ialah karena ia senantiasa bercengkrama dengan Al-Qur'an," ujar Khaerul.

Menurutnya, Bulan Suci Ramadhan ini juga adalah bulan paling mulia di antara seluruh bulan yang Allah ciptakan, karena di dalamnya diturunkan Al-Qur'an.

"Malaikat Jibril yang dikatakan sebagai penghulu para malaikat. Dikatakan sebagai malaikat yang paling mulia, karena ia menjadi perantara turunya Al-Qur'an. Di antara 12 ada 1 bulan yang mulia karena di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, yakni bulan Ramadhan," tutur Khaerul

Hal ini pula yang membuat Rasulullah menjadi mulia karena menjadi penerima Al-Qur'an.

"Sama halnya dengan Rasulullah dikatakan sebagai manusia paling mulia, manusia paling agung, karena kepadanya diturunkan Al-Qur'an," imbuhnya

Olehnya, Khaerul menambahkan, jika ngin menjadi manusia paling mulia, maka dekatkan diri kita kepada Al-Qur'an.

"Jadi, jikalau kita ingin menjadi orang yang mulia di dunia dan di akhirat, maka banyak-banyak berinteraksi dengan Al-Qur'an," terangnya.

Laporan: Muhammad Arsul Syaputra


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya